lalangit

Kondisi Awal: Jurus Jitu Bebas Biaya Bulanan

In Gratis, Rentangan on 28 Juli 2010 at 4:22 pm

Pada tulisan Intro: Jurus Jitu Bebas Biaya Bulanan, penulis mengungkapkan alasan mengapa perlu jurus jitu untuk menyiasati agar rekening bank bebas biaya bulanan. Nah dalam tulisan kali ini, penulis ingin berbagi tentang kondisi awal atau asumsi yang harus terpenuhi agar rekening bank kita bebas biaya bulanan.

Pertama, kita harus yakin betul bahwa bilamana saldo dalam rekening bank tersebut senilai Rp 0,00 alias kosong, rekening tersebut tidak akan langsung ditutup, meski kondisi saldo Rp 0,00 tersebut terjadi hanya dalam 1 hari. Hal ini penting, sebab kalau tidak kita bisa kehilangan nomor rekening bank kita, apalagi kalau nomor rekening bank kita bernomor cantik, tentunya kita akan menyesal bukan. Berdasarkan pengalaman penulis, ada bank yang memperbolehkan kondisi saldo Rp 0,00 dalam 1 hari, hari berikutnya harus terisi kembali saldonya sesuai ketentuan bank. Bagaimana dengan syarat bank yang mensyaratkan saldo minimum dan perihal penutupan otomatis? Nah, untuk syarat dan hal-hal semacam ini perlu ditanyakan lebih lanjut kepada customer service bank bersangkutan.

Kedua, Penetapan biaya bulanan rekening seragam dalam arti ditetapkan dengan definisi waktu yang sama. Maksud penulis ialah pihak bank mengenakan biaya bulanan rekening dalam waktu yang tetap, misal akhir bulan atau tiap tanggal 20 setiap bulannya. Penetapan akhir bulan yang sama penting supaya jurus jitunya bisa dipakai. Setahu penulis, beberapa bank menerapkan pemungutan biaya bulanan secara acak meski dengan rentang hari yang terbatas, misalkan sekitar tanggal 20 tiap bulannya. Kalau pihak bank menetapkannya tiap akhir bulan, maka definisinya ialah tanggal aktif / kerja terakhir dalam bulan tersebut. Sebab, bisa jadi akhir bulan oleh pihak bank ditetapkan tanggal 28 atau 29 tergantung kalender kerja aktif pada bulan tersebut. Untuk itulah perlu disurvei terlebih dahulu, tiap tanggal berapakah rekening kita terpotong biaya bulanan.

Ketiga, berlaku hukum trade off di sini, bebas biaya bulanan sama saja dengan kerelaan kita untuk tidak mendapatkan bagi hasil atas dana yang kita tempatkan di rekening. Dalam arti kita harus rela tidak mendapatkan bagi hasil / interest. Untuk beberapa bank bahkan memiliki ketentuan bahwa bila saldo rekening kurang dari sejumlah x rupiah, maka rekening tersebut tidak akan mendapatkan interest. Ditambah lagi, berlaku ketentuan interest berjenjang. Dengan demikian, masing-masing kita bisa berhitung-hitung, lebih memilih bebas biaya bulanan atau masih ingin mendapatkan bagi hasil / interest.

Jadi, jika ketiga kondisi awal ini sudah bisa kita yakinkan ada, maka Jurus Jitu Bebas Biaya Bulanan sudah bisa kita jalankan. Bagaimana sesungguhnya jurus jitu tersebut, simak tulisan berikutnya: Jurus-Jurus: Jurus Jitu Bebas Biaya Bulanan.

haryo indrasmoro signature

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: