lalangit

Salah Transfer, Instant Refund Saja

In Kompetisi, Masa on 23 Juli 2010 at 3:00 pm

Kejadian ini tepatnya terjadi di akhir tahun 2009. Salah transfer! Ya, waktu itu istri penulis salah transfer ke rekening orang lain via mobile banking. Inginnya mau transfer dana ke rekening rekan bisnis. Tidak tahunya, akibat salah pencet angka dan agak mengabaikan pesan konfirmasi selanjutnya, jadilah dana berpindah ke “rekening yang tidak diinginkan”. Hikmahnya, harus teliti memang kalau mau transfer lewat mobile banking, sebab rasanya seperti “mencet-mencet” layaknya sms-an saja.

Kejadian ini langsung diceritakan, jadi solusinya langsung telepon call center untuk membatalkan transfer tersebut. Untungnya masih dalam bank yang sama, jadi bisa ditindaklanjuti. Meskipun harus menyertakan fotokopi KTP untuk mengklaim kembali dananya, tetapi dirasa cukuplah sebab bukti fotokopinya dikirimkan melalui fax saja. Memang ada jeda waktu sebelum dana tersebut bisa “balik kandang” lagi, namun jangka waktunya pun tidak lama. Seingat penulis berkisar 1 minggu. Ini waktu yang cukup ditoleransi oleh rekan bisnis.

Mengapa bisa cepat balik dana yang salah transfer tadi? Ini tak lain sebab bank yang istri penulis pilih memiliki fasilitas Instant Refund. Fasilitas ini digunakan untuk menjembatani kesalahan transfer dana akibat salah nomor rekening yang dituju. Kesalahan ini umumnya dilakukan lewat transaksi elektronik, misal ATM, mobile banking, phone banking. Kejadian ini jarang kita alami kalau kita bertransaksi lewat counter teller, sebab biasanya teller akan konfirmasi balik jika nama pemilik rekening tujuan berbeda dengan yang kita tuliskan di slip transfer. Untuk itulah, jumlah transfer dana elektronik dibatasi, supaya ketika salah transfer terjadi pemilik rekening asal tidak langsung “pingsan”. Selain itu, menurut penulis pihak bank juga tidak punya alasan untuk keberatan mengembalikan dana salah transfer “balik kandang”. Ini dikarenakan dana darurat bank untuk instant refund cukup reasonable jumlahnya (baca: masih bisa ditoleransi).

Oya, penulis sampai lupa menyebutkan nama banknya. Banknya ialah Bank Muamalat. Bank lain mungkin juga memiliki fasilitas ini. Silahkan coba tanyakan saja ke CS bank. Jadi, bila kejadian transfer dana menimpa, langsung instant refund saja, agar dana bisa balik kandang.

haryo indrasmoro signature

Iklan
  1. BCA ga segampang itu bos, saya melakukan salah transfer dr tgl 21 Nop 2012 sampai hari ini 12 Des 2012 dana nya masih belum balik juga. Alasannya masih dalam proses mediasi dengan pihak penerima dana. Capeeee deeehhhh……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: