lalangit

Intro: Jurus Jitu Bebas Biaya Bulanan

In Gratis, Rentangan on 23 Juli 2010 at 4:15 pm

Penulis beberapa waktu lalu sempat membaca tulisan di blog yang membahas biaya bulanan yang dikenakan pihak bank ke rekening tabungan milik kita. Betapa biaya bulanan yang dikenakan makin hari makin besar saja nominalnya. Kalau rekening tersebut dipergunakan sebagai media transaksi bisnis, hal ini bisa dimaklumi. Namun jika peruntukannya untuk yang lain (tabungan misalnya), penulis pikir salah tempat jika kita menempatkan dana di rekening bank.

Paradigma memang telah bergeser. Semula rekening bank yang di tahun 80an didedikasikan untuk saving, sekarang berubah fungsi menjadi media bertransaksi dengan beragam fasilitas elektroniknya: ATM, mobile banking, sms banking, phone banking, dan semacamnya. Dulu, ada program Tabanas (Tabungan Nasional) dari pemerintah, sekarang pun ada program TabunganKu dari Bank Indonesia. Intinya sama, mengajak masyarakat meningkatkan nilai tabungannya di bank dengan produk rekening yang tepat.

Hanya saja setelah penulis teliti, umumnya fitur produk TabunganKu bersifat “memaksa” pemilik rekening supaya “sulit” bertransaksi memakai rekening tersebut. Hal ini terlihat mulai dari pembatasan fasilitas transaksi elektronik, pembatasan nominal transaksi, dan sebagainya sesuai dengan ketentuan masing-masing bank. Meski dengan iming-iming biaya bulanan Rp 0,00 alias gratis, hemat penulis gegap gempita masyarakat menjadi biasa-biasa saja. Bahkan beberapa bank terasa agak setengah hati, hanya sekedar gugur kewajiban saja begitulah kira-kira. Makanya tidak heran jika ada produk TabunganKu bank tertentu yang benar-benar jadi “anak tiri”. Kasihan…

Jadi untuk bebas biaya bulanan harus pindah ke produk TabunganKu?

Tabunganku

Bukan itu maksud penulis. Bagi kita yang sering bertransaksi dan memanfaatkan fasilitas elektronik bank, pindah ke produk tabunganku membuat kita tidak leluasa. Yang ingin penulis bagi ialah kita tetap dengan produk rekening bank seperti yang kita miliki sekarang dan kita terbebas dari biaya bulanan. Mungkinkah itu?

Simak lanjutan tulisannya di artikel: Kondisi Awal: Jurus Jitu Bebas Biaya Bulanan

haryo indrasmoro signature

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: