lalangit

Rumah Sehat, Ramah Grey Water dengan Tanaman Air

In Kompetisi, Rentangan on 9 Desember 2009 at 12:00 pm

Setiap rumah pasti akan menghasilkan limbah rumah tangga non-kakus, yang pada umumnya langsung dibuang ke saluran pembuangan (selokan / got). Limbah yang terklasifikasi sebagai grey water ini (hasil cuci, mandi, aktivitas dapur), sering menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain mengurangi kenyamanan penghuni rumah, bisa-bisa malah mengganggu kesehatan.

Ada kiat sederhana untuk mengatasinya, yaitu dengan memanfaatkan tanaman hias air. Sebelum grey water ini dibuang ke selokan rumah didepan rumah, terlebih dahulu dialirkan ke penampungan atau selokan antara yang ditanami tanaman air. Tanaman air yang digunakan bisa cana air, melati air, lili air, lidi air dan tanaman air lainnya. Nah, di area tanaman air inilah proses pengolahan limbah dan penguraian berlangsung. Tanaman air akan menyerap unsur-unsur yang menimbulkan bau. Hasilnya, air yang dialirkan setelah melewati area tanaman akan berubah menjadi jernih, malah bisa dipakai lagi untuk menyiram tanaman lain misalnya.

Manfaatnya banyak yang kita peroleh. Pertama, kita dapat mengurangi pencemaran dan bau tidak sedap menjadi hilang. Kedua, estetika rumah kian cantik dengan “sentuhan dekoratif” tanaman air, apalagi saat berbunga. Ketiga, bisa menjadi tambahan pendapatan keluarga, sebab tanaman air tersebut kelebihannya bisa kita jual atau sewakan ke hotel-hotel, kafe dan restoran.

Semoga ide tulisan bermanfaat. Tulisan ini juga penulis ikutkan dalam artikel tentang ide rumah dan lingkungan sehat di website produsen Holcim www.membangunbersama.com. Silahkan vote dan beri komentar di website tersebut bila pembaca terinspirasi. Juga penulis tulis di kompasiana.com.

haryo indrasmoro signature

Iklan
%d blogger menyukai ini: