lalangit

Secuil di Hari Guru

In Kompetisi, Rentangan on 25 November 2009 at 8:00 am

Hari ini tanggal 25 Desember diperingati sebagai Hari Guru. Secuil ide di hari yang baik ini boleh tho…

Penulis mulai dari sini: mendidik berbeda dengan mengajar, sebab mendidik melibatkan aspek pedagogi sedangkan mengajar hanya sebatas penyampaian materi. Inilah yang membedakan gaya antara guru waktu kita bersekolah sampai SMA dengan gaya kuliah yang diberikan dosen. Untuk “bocah” yang perlu disentuh aspek pedagogi-nya, maka keberadaan guru yang memberikan mendidik menjadi penting.

Lain halnya dengan pengajaran, penyampaian materi ini bisa ditularkan lewat berbagai media yang mendukung. Penyebarluasannya pun memungkinkan seiring dengan hadirnya teknologi saat ini. Penyebaran berabad-abad lewat buku yang statis dan runtut bisa dilengkapi dengan media yang lebih visual dan dinamis. Bila memungkinan, penyebarannya melalui media yang merangsang indera dominan penyerap informasi, yaitu mata dan telinga. Apalagi kalau bukan audio visual macam media video, film pendidikan, atau bahkan rekaman pengajaran yang disebarluaskan lewat internet.

Menarik bila dilihat kaitannya dengan hadirnya youtube.com, unggah rekaman guru atau dosen yang sedang menyampaikan materi menjadi memungkinkan. Bayangkan bila rekaman pengajaran guru / dosen terbaik dari sekolah / universitas terbaik disebarkan melalui media seperti youtube.com, pasti akan banyak manfaat yang akan dipetik. Terutama manfaat bagi siswa / mahasiswa atau mungkin masyarakat umum yang “tidak berkesempatan” mengikuti secara langsung pengajaran guru / dosen favorit tersebut. Ini tentu menjembatani kesenjangan kualitas pengajaran / kuliah antara satu daerah dengan daerah yang lain. So, ini hanya tukar ide sederhana.

Ide ini juga penulis posting di creativesolutionaward.com yang bisa pembaca vote dan komentari di sana, silahkan klik disini.

haryo indrasmoro signature

CSA

Iklan
  1. nice posting! good luck with the microsoft bloggership, ya!!! 🙂

  2. Menarik sekali. Bila diterapkan, kita bisa belajar langsung dari guru2/dosen2 yang mengajar di tempat yg jauh. Jarak bukan lagi masalah

    • memang seharusnya teknologi berperan serta untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik mbak Adita…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: