lalangit

Dunia Download Dunia Gratis

In Gratis, Kompetisi on 8 Agustus 2009 at 10:22 am

Pas banget deh namanya, duniadownload.com, cerminan serba pernak-pernik yang bisa diunduh. Persepsi orang ketika ‘ngetik’ URL itu di browser akan terbayang sebuah situs yang menyediakan aneka serba download-an. Mulai dari ebook, mp3, klip film, software gratis, aplikasi buat hp, gambar dan lain-lain item incaran para downloaders. Pas kebuka situsnya, lho hanya ebook tho?

duniadownload2

Sesuai dengan tagline yang tertera di bagian atas – “Download Ebook Gratis (ulasan ebook gratis Indonesia, download ebook gratis langsung tanpa bayar tanpa daftar)”– , rupanya pemilik situs ini – Cak Karnanda and team – ingin berbagi ebook-ebook yang bisa di download, serba gratis, langsung, tanpa bayar, tanpa daftar. Serba gratis, langsung, tanpa bayar, tanpa daftar sungguh sebuah terobosan unik yang menarik. Di tengah banyak bertebaran situs-situs yang menjanjikan ebook gratis namun mewajibkan pengunduhnya mendaftarkan email terlebih dahulu, duniadownload.com menawarkan ‘tata cara’ yang beda.

Banyak sekali para downloaders – termasuk saya sendiri – merasa agak khawatir, bila harus memberikan alamat email pribadi sebagai syarat untuk mendapatkan ebook, khawatir masalah privasi. Kalaupun tidak ingin memberikan alamat email yang sesungguhnya, terpaksa deh pake alamat email fake (palsu) – asal nulis dengan format mirip email, meski alamat email itu sebenarnya tidak ada – atau bikin dulu account email yang fungsinya buat ‘nampung’ email sampah (salah satu fungsinya buat beginian). Terbayang nggak pengaruh negatif seperti ini? Pertama, kita jadi terbiasa berbohong, dengan menuliskan alamat email palsu. Bohong pada diri sendiri atau bohong pada pemilik situs penyedia ebook tadi. Kedua, jikalau nggak bohong, kita berlaku sia-sia alias mubazir dengan membuat alamat email sampah. Jika semua netters dan downloaders berperilaku sama dengan membuat account email sampah, berapa banyak sumber daya internet yang habis untuk ngurusin sampah virtual, mulai dari space penyimpan email di server, trus bandwidth lalu lintas yang habis terpakai data email sampah, jumlah nama alamat email yang tidak terpakai, sampai urusan devisa  yang kabur. Lho? Iya urusan devisa, sebab negara wajib bayar ke negara lain yang memiliki domain internet yang sering dikunjungi, terutama bayar saluran bandwidth. Banyak kan account email sampah yang kita buat di yahoo.com, misalnya – yang nama accountnya keriting campuran huruf dan angka sampai susah dibaca. Nah, negara kita mesti bayar tuh ke amerika sana. Jadi, tagline tanpa daftar duniadownload.com sungguh berarti.

Tanpa bayar, hehe….yang ini top banget dah. Akui saja, gratisan emang indah. Tidak semua netter berkocek tebal. Justru kita nyari ebook di internet karena emang pengin nyari yang gratis, kalau bayar mendingan ke offline saja, beli bukunya biar bisa di-’gendong’ (dibawa-bawa maksudnya). Hanya sayang, pas nemu ebooknya harus bayar dulu sekian ribu. Seringnya hal ini ‘menimpa’ ebook-ebook yang terkait bisnis internet – di stus-situs yang biasanya menawarkan cara kaya, bisnis internet, bla bla bla bla. Penulis heran, mengapa harus sekian ribu? Okelah, itu menjadi hak penulis dan pembuat ebook untuk memasang harga, hanya saja menurut penulis banderolnya kemahalan. Kenapa penulis pikir banderolnya mahal? Pertama, ebook tidak memerlukan pencetakan di kertas. Kedua, nyaris tidak ada biaya distribusi. Ketiga, Biaya etalase ebook bisa dikatakan hampir nol rupiah, sebab cukup ditaruh di website atau pada situs penyedia file sharing – nol untuk hosting gratis atau site gratis macam blogspot, wordpress. Untung ada duniadownload.com, download ebook sepuasnya, gratis tanpa bayar. Lega rasanya, dapat yang sudah diterjemahin lagi. Trims buat Cak Karnanda dan tim. Ini yang menjadi advantage situs duniadownload.com.

Langsung, itu tag line lain yang disebutkan. Mungkin maksudnya file bisa langsung diunduh dengan klik kanan, trus save, tanpa melalui situs file sharing yang terkadang menampilkan iklan terlebih dahulu dan seringnya menolak program akselerator downloader – meski disediakan pula link ke situs file sharing sebagai alternatif. Salut deh buat terobosannya.

Hanya penulis heran dengan cara pengelola situs memformat bold tagline-nya. Yang ditebalkan kenapa hanya kata-kata download buku gratis saja, alangkah lebih baik jika kata-kata serba gratis, langsung, tanpa bayar, tanpa daftar juga mendapat perlakukan serupa. Karena kata-kata tagline ini yang menjadi kunci keunggulan duniadownload.com. Jadi, pengunjung langsung tahu bedanya dengan situs-situs lain macam gini.

Satu lagi nih yang jadi sweetener, kuis. Ya kuis, undian berhadiah. Jarang yang memberikan ‘pemanis’ seperti ini di situs-situs download – mungkin mereka pikir sudah dikasih gratis download aja sudah untung kali. Kita bisa dapet buku bila menang kuis dengan ongkir gratis ditanggung duniadownload.com, muantap dah…. So, langsung saja ke duniadownload.com ya, serba gratis, langsung, tanpa bayar, tanpa daftar, siapa tahu bisa dapetin buku bila ikutan kuisnya.

Iklan
  1. wah selamat yah, dah jadi juara sayembara duniadownload.com 🙂

    Untuk masalah yang di bold hanya kata-kata download buku gratis, itu kan karena untuk optimasi web, biar SEO.. 🙂

    • makasih-makasih…

      O… biar SEO tho… wah bisa disebarin dan dibuatkan ebooknya nih trik-trik SEO-nya, biar makin banyak yang download di duniadownload.com

  2. terima kasih atas sumbangannya, salam kenal dari saya

  3. selamat ya kawan.. salam kenal…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: