lalangit

Hitam Putih Menuju Penuh Warna

In Kompetisi, Masa on 25 Juli 2009 at 8:01 pm

“Wah asyik nih, giliran masuk lab, bisa internet ria”, pikirku. Inilah pertama kali aku memakai komputer di lab informatika dasar, sekalian nyoba-nyoba jaringan lab. Waktu selesai booting komputer, kaget. Lho kok yang muncul dos prompt, pake DOS?? Kulihat komputernya juga tipe lama. Bayangkan prosesor kelas intel 486, seniornya seri pentium, tanpa harddisk pula. Trus, gimana bisa hidup tuh komputer? Hehe…ternyata booting lewat LAN langsung ke server berbasis linux. Pas kucoba konek ke internet, pake browser namanya lynx. Bingung? Itu tipe text-based web browser, jadi nggak akan tampil gambar-gambar, animasi, apalagi flash. All of things are text. Alamak…ini tho yang namanya internet, hitam-putih, isinya teks doang, pindah halaman sana-sini trus lama-lama kesasar entah kemana. Fiuh…merepotkan.

Email? Ya, yang satu ini pun kucoba waktu itu. Sama juga dengan browsernya, modusnya teks juga. Bukan pakai outlook, thunderbird, atau program mail client zaman sekarang yang kaya warna-warni. Pine, nama mail client yang kupakai waktu itu. Untuk urusan email, pine memang cukup mumpuni, sebab memang mostly email ditulis dengan basis teks, bukan basis file html seperti yang ditulis sekarang. okelah untuk email pikirku, tapi untuk browsing internet pake lynx, ehm.. harus cukup bersabar memang.

Dua urusan itu saja sudah cukup membuatku memiliki bayangan yang agak kurang friendly tentang internet. Layar hitam-putih, hanya dipenuhi teks saling terhubung yang membingungkan, sungguh bukan pengalaman yang menggairahkan. Chatting, mirc? Wah, kedua istilah itu blank dalam otak kepalaku waktu itu. Hingar-bingar orang-orang berkomunikasi memakai fasilitas ini pun tidak terbayang sama sekali.

Pantas saja, waktu lab dirombak dan semua infrastruktur komputer diganti termasuk server, dan sistem operasinya (sistem operasi komputer client) diganti dengan windows, rasanya seperti menemukan dunia yang telah lama hilang. Bagaimanapun harus diakui, waktu itu windows masih sangat powerfull dan friendly dalam penggunaan. Menjelajah web dengan internet explorer yang berbasis gambar dan teks serasa membuka cadar keindahan rona warna-warna internet. Navigasi halaman web pun lebih mudah terkontrol. Tersesat? Tidak lagi lah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: